Senin, 27 April 2009

RPP SMP/MTs

Untuk memenuhi kebutuhan para pendidik, sengaja kami memposting SIlabus Pada postingan kali ini kami akan memposting RPP, harapannya agar dapat di download dan bermanfaat bagi suksesnya pembelajaran......... demi tercapainya sebuah biah tarbiyah yang baik.

RPP MATA PELAJARAN,TINGKAT SMP/MTs 2009
PELAJARAN MATEMATIKA
RPP Kelas VII
RPP Kelas VIII
RPP Kelas IX

PELAJARAN IPA
RPP Kelas VII
RPP Kelas VIII

RPP Kelas IX

PELAJARAN BAHASA INDONESIA

RPP Kelas VII
RPP Kelas VIII
RPP Kelas IX

PELAJARAN BAHASA INGGRIS
RPP Kelas VII
RPP Kelas VIII
RPP Kelas IX

PELAJARAN IPS

RPP Kelas VII
RPP Kelas VIII
RPP Kelas IX

PELAJARAN KETRAMPILAN
RPP Kelas VII
RPP Kelas VIII
RPP Kelas IX

PELAJRAN GOEGRAFI
RPP Kelas VII
RPP Kelas VIII
RPP Kelas IX

PELAJARAN EKONOMI
RPP Kelas VII
RPP Kelas VIII
RPP Kelas IX

PELAJRAN PENJASKES
RPP Kelas VII
RPP Kelas VIII
RPP Kelas IX

PELAJARAN KETRAMPILAN
RPP Kelas VII
RPP Kelas VIII
RPP Kelas IX
Selengkapnya...

Rabu, 22 April 2009

UJIAN NASIONAL: 'Kunci Jawaban' Ujian Nasional Beredar di Sekolah

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Peserta ujian nasional (UN) di Bandar Lampung mendapatkan selebaran yang diduga berisi kunci jawaban. Selebaran itu itu diketahui telah beredar di beberapa sekolah di daerah itu, walau belum diketahui kebenarannya.

Selasa (21-4) malam, sejumlah siswa sekolah menengah atas (SMA) di Bandar Lampung diketahui memperoleh selebaran itu. Kemudian mereka memfotokopi dan menyebarkannya kepada teman-temannya.

Salah seorang siswa SMA yang ditemui di salah satu usaha fotokopi mengatakan dia mendapatkan kunci tersebut dari teman yang lain dan kemudian menyebarkannya kepada rekannya. "Kami mendapat kunci untuk dua kode soal, yakni kode P.10 dan P.43," kata seorang siswa yang tidak mau disebutkan identitasnya ditemui malam itu.

Dia mengatakan sudah mendapatkan kunci jawaban semalam sebelum mata pelajaran yang bersangkutan di-UN-kan. "Kalau hari Senin yang di-UN-kan pelajaran Bahasa Indoensa, kami mendapat kuncinya Minggu malam sehingga bisa disebarkan kepada teman-teman yang lain," kata dia.

Menurut mereka, kunci jawaban yang mereka peroleh sama dengan kunci jawaban yang diberikan guru di sela-sela ujian berlangsung. "Kami dapat kunci jawaban dua paket karena biasanya dalam suatu ruangan soal yang dibagikan dua kode," kata dia.

Namun, keberadaan selebaran kunci jawaban UN itu dibantah Bendahara MKKS SMA Kota Bandar Lampung Ahyaudin. Dia meminta peserta UN tidak cepat percaya dengan hal-hal seperti itu. "Kami sudah mengimbau siswa tidak cepat percaya kepada oknum. Kami memang belum tahu keberadaan kunci jawaban itu," kata dia.

Hal senada dikatakan salah seorang kepala SMA di bilangan Kabupaten Lampung Selatan. Kepala SMA yang enggan disebut namanya itu mengatakan tidak mungkin ada lembar kunci jawaban beredar. Sebab, UN sudah menggunakan sistem komputerisasi yang koreksi hasil ujiannya menggunakan mesin pemindai atau scanner.

"Jadi seperti penerimaan CPNSD, kunci jawaban itu berada di memori elektronik seperti flash disk yang dipegang pembuat soal," kata dia.

Sementara itu, Ketua Tim Pengawas Ujian Nasional Kota Bandar Lampung Dr. Sunarto saat dihubungi mengaku banyak isu beredar seputar pelaksanaan UN. "Namun, selama ini isu tersebut sulit dibuktikan, termasuk adanya kunci jawaban yang beredar sebelum UN berlangsung."

Menurut Sunarto, pihaknya menjamin soal hanya keluar ruangan menjelang pelaksanaan UN. Itu pun dengan kawalan ketat tim pemantau UN dari Unila. "Artinya, gembok ruangan penyimpanan soal hanya dibuka setelah ada tim dari Unila dan tim dari Unila juga mengawal hingga soal sampai di sekolah," kata dia.

Sementara itu, UN untuk SMK berakhir kemarin. Sedangkan UN SMA/MA masih berlangsung dua hari, yakni Kamis--Jumat (23--24-4). Untuk jurusan IPA, mata pelajaran yang diujikan Fisika dan peserta jurusan IPS akan mengikuti ujian mata pelajaran Geografi. n UNI/K-3

Sistem Target Picu Kecurangan Dalam UN

PANGKALPINANG (Ant/Lampost): Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung (Babel) Usman Saleh mengatakan penetapan target kelulusan ujian nasional (UN) dapat memicu terjadinya perbuatan curang.

"Saya tidak ingin berbicara target kelulusan UN karena dapat memicu perbuatan curang yang dilakukan pihak sekolah," ujarnya di Pangkalpinang, kemarin (22-4).

Ia menunjukkan contoh jika ditetapkan target kelulusan, pihak sekolah akan terbebani sehingga bisa melakukan kecurangan untuk meluluskan siswanya.

"Kalau bicara target, tentunya kami ingin semua siswa yang ikut UN bisa lulus. Tetapi, itu tidak mungkin, sama saja menyuruh pihak sekolah berbuat curang karena mereka terbebani target," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, pada UN 2009 tidak mengutamakan target kelulusan, tetapi adalah fokus terhadap pelaksanaan UN murni yang bebas dari masalah.

"Kami juga tidak bisa menekankan kepada siswa dan guru agar bisa mengejar target karena bisa lulus itu bergantung pada upaya dan kemampuan siswa itu sendiri," ujarnya.

Menurut dia, Babel tidak masalah memiliki ranking rendah dalam kelulusan UN, tetapi bisa menjadi contoh pelaksanaan UN yang bebas masalah.

"Walaupun angka kelulusan rendah, tetap memegang prinsip kejujuran, maka siswa yang lulus itu benar-benar murni dan memiliki kemampuan," ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, siswa yang lulus murni karena kemampuanya. "Kami juga mengingatkan kepada pihak sekolah jangan melakukan kecurangan agar anak didiknya bisa lulus 100 persen, itu tindakan yang fatal dan melanggar hukum. Kami siap menindak siapa saja yang melakukan kecurangan UN," ujarnya.

Dari Pontianak, seorang siswa sekolah swasta di Kota Pontianak kedapatan menggunakan kunci jawaban yang diperoleh melalui pesan pendek dari telepon seluler ketika mengikuti ujian nasional (UN) pelajaran Biologi.

Pengawas UN di SMA Santo Petrus Pontianak, Kurniawan, Selasa, menyatakan pihaknya telah memergoki seorang siswa yang sedang menyontek kunci jawaban saat ujian pelajaran Biologi sehari lalu.

"Pelajar itu kelihatan gelisah saat mengerjakan soal Biologi setelah izin ke kamar kecil," kata Kurniawan, yang juga pada SMAN 8 Pontianak.

Ia mengatakan saat mengawasi ujian di kelas, seorang siswa beberapa kali mengangkat kaki kiri dan bertumpu pada lutut untuk melihat sesuatu di balik kaus kakinya.

"Karena tindakan yang mencurigakan itu, saya menghampirinya dan ternyata benar siswa tersebut menyelipkan kunci jawaban pada kaus kaki kirinya," ujarnya.

Kurniawan menyatakan siswa tersebut mengaku memperoleh kunci jawaban melalui pesan pendek (SMS), Minggu (19-4) malam.

"Siswa itu tetap dapat mengikuti ujian, tapi saya laporkan dalam berita acara untuk ditindaklanjuti," kata dia.

Kepala SMA Santo Petrus Pontianak, A. Kadir, membenarkan ada salah seorang siswanya yang ketahuan menyontek kunci jawaban saat ujian mata pelajaran Biologi.

Ia menjelaskan siswa itu mendapat kunci jawaban dari pesan pendek yang tidak diketahui pengirimnya. Namun, bukan berarti ujian Biologi dan soal ujian mata pelajaran lain bocor.

"Kunci jawaban itu sudah diuji guru bidang studi Biologi dan hasilnya dari 40 kunci jawaban hanya lima yang benar," ujarnya.

Ia mengatakan telah memanggil siswa itu untuk mencari tahu asal kunci jawaban itu.

Berdasar pada pengakuan siswa tersebut, pesan pendek dikirim dari nomor telepon seluler yang tidak dikenal. Pengirim juga berpesan agar penerima pesan segera menghapus SMS itu jika telah memindahkan kunci jawaban yang telah dikirim. n S-1
Klik Sumbernya

Selengkapnya...

Pengawasan UN di Tanggamus: Guru Dapat Instruksi Khusus

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sejumlah guru di Tanggamus mengaku mendapat instruksi dari kepala sekolah untuk tidak terlalu ketat mengawasi pelaksanaan ujian nasional (UN). Selain itu, mereka diminta membiarkan jika sekolah bersangkutan membantu siswanya.

Menurut guru yang meminta namanya dirahasiakan, instruksi diberikan kepada semua guru yang menjadi pengawas di sekolah lain. "Menurut kepala sekolah, hal tersebut merupakan instruksi MKKS," kata guru itu.


Namun, Ketua MKKS SMA Tanggamus Syamsir Kasim membantah hal tersebut saat dikonfirmasi. Dia justru meminta semua sekolah melaksanakan ujian dengan jujur dan membiarkan para siswa menunjukkan kemampuan mereka.

"Pengawasan sangat ketat dimulai dari pengawas ruangan hingga pengawas dari Unila. Selain itu tidak boleh ada orang lain masuk ruangan selain pengawas. Setiap gerak-gerik anak juga diawasi dengan ketat," kata dia.

Dari Bandar Lampung, dua siswa SMAN 6 yang terkait masalah hukum mengikuti UN susulan. Kepala SMAN 6 Bandar Lampung Ahyaudin mengatakan kedua siswanya, yaitu JN divonis 2 bulan 22 hari mulai bebas hari ini. Sedangkan seorang lagi bernisial AD divonis 4 bulan.

"Untuk siswa yang bebas Rabu (22-4) bisa langsung mengikuti UN dan mata pelajaran yang belum diikuti akan ditempuh dengan ujian susulan," kata Ahyaudin di Bandar Lampung, Selasa (21-4). Sementara itu, siswa yang baru bebas dua bulan ke depan, akan diikutkan ujian susulan yang dimulai tanggal 27 April mendatang.

Sementara itu, Sekretaris Provinsi Lampung Irham Jafar Lan Putra meninjau UN di empat sekolah; SMAN 1 Bandar Lampung, SMA Xaverius 2 Bandar Lampung, SMKN 4 Bandar Lampung, dan SMAN 2 Bandar Lampung, kemarin. Dia didampingi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Johnson Napitupulu dan Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Ria Andari.

Dia mengatakan hingga kemarin pelaksanaan UN berjalan lancar dan tidak ada kendala. "Semua peserta ujian hadir dan siap mengerjakan soal. "Saya berharap sekolah di Lampung lebih maju dan lebih banyak lagi sekolah yang bertaraf internasional," kata dia.

Dia juga mengatakan pemerintah menjamin pendidkan bagi siswa berprestasi dengan memberikan pendidikan gratis bagi keluarga yang tidak mampu.

Sementara itu, sejumlah siswa di Bandar Lampung mengaku jika mata pelajaran bahasa Inggris cukup mudah. Mereka optimistis mampu meriah nilai sempurna 10.

Nisa, siswa SMAN 9 Bandar Lampung, mengatakan optimistis mampu meraih nilai 10 untuk mata pelajaran tersebut. Hal senada diungkapkan Muhamad dari SMKN 2 Bandar Lampung. "Minimal nilai 7 di tangan, doakan mudah-mudahan prediksinya tidak meleset."

Hari ini mata pelajaran yang di-UN-kan adalah Matematika. Bagi siswa SMK hari ini merupakan hari terakhir UN, sedang untuk siswa SMA/MA ujian baru berakhir Jumat (24-4). n UNI/S-1
Kalau Ada yang ragu Klik Aja Sumbernya disini

Selengkapnya...

PENDIDIKAN TINGGI: Malaysia Target 20 Ribu Mahasiswa

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Pemerintah Malaysia menargetkan jumlah mahasiswa asal Indonesia yang menuntut ilmu di negeri itu mencapai 20 ribu orang, tahun in.

Direktur Promosi Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta Darsham Daud mengatakan kini jumlah mahasiswa asal Indonesia yang menempuh pendidikan tinggi di Malaysia mencapai 10.200 orang.

Sementara itu, kalau digabungkan dengan siswa yang bersekolah mulai TK hingga perguruan tinggi mencapai 14 ribu orang. "Kami menargetkan tahun ini jumlah mahasiswa dan siswa asal Indonesia yang bersekolah di Malaysia mencapai 20 ribu orang," kata dia.

Pihaknya menggelar roadshow berupa pameran pendidikan di berbagai kota besar di Indonesia, salah satunya di Bandar Lampung. Untuk Kota Tapis Berseri pameran digelar di Raflesia Ballroom Hotel Sheraton, Rabu-Kamis (22--23-4).

"Kami berharap melalui kegiatan ini orang tua dan siswa asal Lampung yang akan melanjutkan pendidikan di Malaysia mendapatkan informasi seluas-luasnya," kata dia saat konferensi pers di Hotel Sheraton, Rabu (22-4).

Darsham mengatakan kini di Malaysia terdapat 20 universitas negeri dan 32 universitas swasta, dan 4 cabang universitas internsional. Selain itu Malaysia juga memiliki 485 sekolah tingi swasta, 22 politeknik, dan 37 sekolah tinggi komunitas. "Kami berharap pelajar dari luar negeri mencapai target 20 persen dari jumlah pelajar yang menempuh pendidikan di Malaysia," kata dia.

Sedang beberapa syarat bagi calon mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di Malaysia antara lain, memiliki nilai rapor minimal 7 untuk mata pelajaran sains, Bahasa Inggris, dan Matematika. Kemudian memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan skor TOEFL (test of english as foreign language) minimal 550. Dan untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan S-2, indeks prestasi kumulatif minimal 3.

Menurut Darsham, pameran ini bertujuan memberi pilihan kepada pelajar dan orang tuanya yang ingin putra-putrinya belajar ke luar negeri. Sebab, melalui pameran diharapkan bisa membuka pilihan yang lebih luas dibanding dengan negara lain yang memberikan peluang pendidikan yang sama. n UNI/S-1
Sumber Lampung Post
Selengkapnya...

Sistem Target Picu Kecurangan Dalam UN

PANGKALPINANG (Ant/Lampost): Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung (Babel) Usman Saleh mengatakan penetapan target kelulusan ujian nasional (UN) dapat memicu terjadinya perbuatan curang.

"Saya tidak ingin berbicara target kelulusan UN karena dapat memicu perbuatan curang yang dilakukan pihak sekolah," ujarnya di Pangkalpinang, kemarin (22-4).

Ia menunjukkan contoh jika ditetapkan target kelulusan, pihak sekolah akan terbebani sehingga bisa melakukan kecurangan untuk meluluskan siswanya.

"Kalau bicara target, tentunya kami ingin semua siswa yang ikut UN bisa lulus. Tetapi, itu tidak mungkin, sama saja menyuruh pihak sekolah berbuat curang karena mereka terbebani target," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, pada UN 2009 tidak mengutamakan target kelulusan, tetapi adalah fokus terhadap pelaksanaan UN murni yang bebas dari masalah.

"Kami juga tidak bisa menekankan kepada siswa dan guru agar bisa mengejar target karena bisa lulus itu bergantung pada upaya dan kemampuan siswa itu sendiri," ujarnya.

Menurut dia, Babel tidak masalah memiliki ranking rendah dalam kelulusan UN, tetapi bisa menjadi contoh pelaksanaan UN yang bebas masalah.

"Walaupun angka kelulusan rendah, tetap memegang prinsip kejujuran, maka siswa yang lulus itu benar-benar murni dan memiliki kemampuan," ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, siswa yang lulus murni karena kemampuanya. "Kami juga mengingatkan kepada pihak sekolah jangan melakukan kecurangan agar anak didiknya bisa lulus 100 persen, itu tindakan yang fatal dan melanggar hukum. Kami siap menindak siapa saja yang melakukan kecurangan UN," ujarnya.

Dari Pontianak, seorang siswa sekolah swasta di Kota Pontianak kedapatan menggunakan kunci jawaban yang diperoleh melalui pesan pendek dari telepon seluler ketika mengikuti ujian nasional (UN) pelajaran Biologi.

Pengawas UN di SMA Santo Petrus Pontianak, Kurniawan, Selasa, menyatakan pihaknya telah memergoki seorang siswa yang sedang menyontek kunci jawaban saat ujian pelajaran Biologi sehari lalu.

"Pelajar itu kelihatan gelisah saat mengerjakan soal Biologi setelah izin ke kamar kecil," kata Kurniawan, yang juga pada SMAN 8 Pontianak.

Ia mengatakan saat mengawasi ujian di kelas, seorang siswa beberapa kali mengangkat kaki kiri dan bertumpu pada lutut untuk melihat sesuatu di balik kaus kakinya.

"Karena tindakan yang mencurigakan itu, saya menghampirinya dan ternyata benar siswa tersebut menyelipkan kunci jawaban pada kaus kaki kirinya," ujarnya.

Kurniawan menyatakan siswa tersebut mengaku memperoleh kunci jawaban melalui pesan pendek (SMS), Minggu (19-4) malam.

"Siswa itu tetap dapat mengikuti ujian, tapi saya laporkan dalam berita acara untuk ditindaklanjuti," kata dia.

Kepala SMA Santo Petrus Pontianak, A. Kadir, membenarkan ada salah seorang siswanya yang ketahuan menyontek kunci jawaban saat ujian mata pelajaran Biologi.

Ia menjelaskan siswa itu mendapat kunci jawaban dari pesan pendek yang tidak diketahui pengirimnya. Namun, bukan berarti ujian Biologi dan soal ujian mata pelajaran lain bocor.

"Kunci jawaban itu sudah diuji guru bidang studi Biologi dan hasilnya dari 40 kunci jawaban hanya lima yang benar," ujarnya.

Ia mengatakan telah memanggil siswa itu untuk mencari tahu asal kunci jawaban itu.

Berdasar pada pengakuan siswa tersebut, pesan pendek dikirim dari nomor telepon seluler yang tidak dikenal. Pengirim juga berpesan agar penerima pesan segera menghapus SMS itu jika telah memindahkan kunci jawaban yang telah dikirim. n S-1
Selengkapnya...

Sabtu, 11 April 2009

SOFTWARE PENGHITUNG ZAKAT




Anda berminat Download disini



software bagus nan pintar ini sengaja di posting nasrulloh buat temen-temen yang hobi menghitung zakat he...he.... atau buat guru Agama Islam neh yang males ngitung-ngitung zakat.... he..he.. ups lagian kan sudah emnjadi kewajiban umat islam yang telah mampu untuk memngeluarkan zakat bila telah mencapai nisob.... kayak pa ustad aja ceramah panjang lebar.
dengan keahdiran software tersebut harapannya dapat digunakan dengan sebaik-baiknya sehingga zakat yang di bagi juga valid dan teapat. Untuk para blogeger yang sukses dengan adsense nya juga ada keawajiban loh mengeluarkan zakat pengasilannya... tapi masuk zakat apa ya... zakat profesi, zakat gaji... apalah q juga gak ngerti tapi basaha yang keren kayaknya ya zakat blogger... ane layak jadi mustahiknya he..he.. zakat telah merambah dunia maya neh... lucu kali ya.?
pada postingan yang telah lalu arul juga udah memposting software canggih juga tuh, kamus Arab n Inggris digital makanya kunjung-kunjung ya.. trus masukin email anda bila ingin berlangganan postingan terbaru dari nasrulloh-education.

Selengkapnya...

Kamis, 09 April 2009

DOWNLOAD SOFTWARE EDUCATION

Arabic Language Digital Dictionary
Kamus Bahasa Arab Digital
English Language Digital Dictionary
Kamus Bahasa Inggris Digital



Selengkapnya...

Rabu, 08 April 2009

BUAT BLOGROLL DI BLOG

Blog roll? apa tuh... tadinya aku juga gak tau aku kan masih newbi juga, jadi blog roll adalah semacam kolom yang dapat anda gunakan untuk menampilkan baner bergerak ketas maupun kebawah, atau anda dapat menggunakannya untuk membuat daftar blog temen anda contohnya di bawah ini :


untuk menapilkan baner ni contohnya :


trik yuwie

atau untuk menampilkan link blog temen Contohnya seperti ini :


MERYL


UMAR BLOG


WAHID SINAU

Trus mbuatnya gimana dong ?


Anda Copy Aja code berikut di javascrip blog anda :

<marquee direction="up" onmouseover="this.stop()" width="300" onmouseout="this.start()" scrollamount="2" height="150" align="center">


DISINI DISI BANER TEMAN ANDA ATAU LINK TEMAN ANDA


</marquee>

untuk merubah gerakan ketas atau kebawah anda edit aja... kalo kebawah anda rubah jai "UP' kalo kebawah anda rubah jadi "Down" staip link anda spasikan dengan mengitik <br/> di bawahnya, untuk ukuran kolomnya pun dapat anda sesuaikan dengan blog anda, caranya dirubah aja high atau waidh nya, selamat mencoba...
Selengkapnya...

Sabtu, 04 April 2009

SILABUS KTSP SMP/MTs

Postingan ini kami khususkan bagi guru-guru yang berminat mendownload silabus KTSP edisi terbaru, Silabus ini kami dapatkan pada bulan Maret 2009, jadi masih uptodate, semuanya free download, silahkan anda download saja materi-materi yang anda butuhkan berikut ini:

IPA TERPADU

SILABUS KTSP BIOLOGI
Biologi Kleas VII
Biologi Kleas VIII
Biologi Kleas IX

SILABUS KTSP FISIKA
Fisika Kelas VII
Fisika Kelas VIII
Fisika Kelas IX

SILABUS KTSP KIMIA

Kimia Kelas VII
Kimia Kelas VIII
Kimia Kelas IX

IPS TERPADU

SILABUS KTSP EKONOMI
Ekonomi Kelas VII
Ekonomi Kelas VIII
Ekonomi Kelas IX


SILABUS KTSP GEOGRAFI

Geografi Kelas VII
Geografi Kelas VIII
Geografi Kelas IX

SILABUS KTSP SEJARAH
Sejarah Kelas VII,VIII,IX


SILABUS KTSP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Pendidikan Agama Islam Kelas VII,VIII,IX

SILABUS KTSP BAHASA INGGRIS

Bahasa Inggris Kelas VII
Bahasa Inggris Kelas VIII

Bahasa Inggris Kelas IX

SILABUS KTSP BAHASA INDONESIA
Bahasa Indonesia

SILABUS KTSP MATEMATIKA
Matematika kelas VII
Matematika kelas VIII
Matematika kelas IX

SILABUS PENJASKES
Penjaskes Kelas VII
Penjaskes Kelas VIII
Penjaskes Kleas IX

SILABUS KTSP SENI BUDAYA
Seni Musik Kelas VII,VIII,IX
href="http://www.ziddu.com/download/4750520/SILABUSSENIRUPA1-1.doc.html"target="new">Seni Rupa 1-1
Seni Rupa 1-2
Seni Rupa 2-1
Seni Rupa 2-2
Seni Rupa 3-1
Seni Rupa 3-2

Seni Tari 1-1
Seni Tari 1-2
Seni Tari 2-1
Seni Tari 2-2
Seni Tari 3-1
Seni Tari 3-2

Seni Teater 1-1
Seni Teater 1-2
Seni Teater 2-1
Seni Teater 2-2
Seni Teater 3-1
Seni Teater 3-2

SILABUS KETRANPILAN
Ketrampilan Kelas VII
Ketrampilan Kleas VIII
Ketrampilan Kelas IX


Selengkapnya...

Universitas Pertahanan Indonesia Diresmikan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Universitas Pertahanan Indonesia (Indonesian Defence University) yang diprakarsai Departemen Pertahanan di Istana Negara, Rabu (11/3). Setelah peresmian tersebut, Presiden menyampaikan kuliah perdana dalam seminar internasional ”Indonesia 2025: Tantangan Geopolitik dan Keamanan”.


Pendirian UPI disiapkan sejak setahun terakhir dengan ciri khas Indonesia dan sekaligus berkelas dunia. ”Karakteristik khas Universitas Pertahanan Indonesia adalah identitas, integritas, dan nasionalisme sesuai dengan landasan bernegara Pancasila,” kata Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono di Istana.

Sebagai perguruan tinggi bidang pertahanan, UPI menghimpun mahasiswa S-1 dan S-2 yang meliputi Sekolah Strategi Perang Semesta (SSPS), Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI, serta Sekolah Kajian Pertahanan dan Strategis (SKPS).

Presiden menyebut, peresmian UPI merupakan peristiwa bersejarah. ”Semoga lembaga ini terus berkembang menjadi sebuah institusi yang credible dan menjadi world class defence university. Semoga di lembaga ini pemahaman para perwira TNI dan siapa saja yang berminat terhadap masalah pertahanan, keamanan, dan masalah-masalah strategis lainnya dapat diperluas dan ditingkatkan,” ujarnya.

Dalam jumpa pers di Departemen Pertahanan, Juwono mengatakan, universitas ini nantinya bertujuan menyuplai calon- calon pemimpin bangsa di masa depan yang memiliki pengetahuan dan pemahaman soal pertahanan dalam arti luas.

Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso menyatakan, universitas itu merupakan peluang untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Sumber: Kompas


Selengkapnya...

SD Naikkan Standar Nilai Kelulusan Naik 0,5 Tiap Mata Pelajaran

Sejumlah sekolah dasar sudah menetapkan kenaikan standar kelulusan ujian akhir sekolah berstandar nasional tahun 2008/2009. Peningkatan nilai kelulusan berlaku untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

”Standar kelulusan minimal untuk UASBN memang diserahkan ke setiap sekolah. Namun, ada imbauan dari dinas pendidikan supaya standar kelulusan yang dibuat jangan terlalu rendah. Seperti di Jakarta diharapkan standar kelulusan untuk UASBN tahun ini tidak boleh di bawah 3,5,” kata Tjiah K, Kepala SDN Palmerah 07 Jakarta, Rabu (18/3).

Di sejumlah sekolah, peningkatan standar kelulusan yang ditetapkan naik sekitar 0,5 dari tahun sebelumnya. Tujuannya supaya siswa tetap bisa mencapai nilai minimal sehingga tidak terhambat untuk masuk ke jenjang SMP dalam upaya menuntaskan wajib belajar sembilan tahun.

Embrio UN

Pelaksanaan ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) dengan komposisi soal 75 persen dibuat pemerintah daerah dan 25 persen dibuat pemerintah pusat itu direncanakan sebagai embrio pelaksanaan ujian nasional (UN) di tingkat SD dan sederajat. Dalam beberapa tahun ke depan, pemerintah pusat berencana untuk menetapkan standar kelulusan secara minimal seperti pada UN SMP dan SMA/SMK.

Titi Sofiatun, Kepala SDN Medokan Semampir II-260 Surabaya, Jawa Timur, menjelaskan, sekolah ini menetapkan standar kelulusan minimal yang lebih tinggi dari yang ditetapkan dinas pendidikan setempat. Untuk Bahasa Indonesia minimal 6,5, IPA minimal 6, sedangkan Matematika minimal 4. Standar kelulusan minimal di tingkat kota berkisar 4,5.

”Standar nilai yang cukup tinggi ini memacu guru untuk menyiapkan siswa sebaik-baiknya,” ujar Titi.

Siswa kelas VI SD diberikan pelajaran tambahan sekitar 90 menit setiap hari untuk tiga mata pelajaran UASBN. Selain itu, dengan adanya kisi-kisi UASBN yang sudah diberikan, guru tidak kesulitan untuk mempersiapkan siswa menghadapi UASBN pada 11-13 Mei 2009.

Lil Umrotul M, Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Ulum Besuki, Sidoarjo, Jatim, mengatakan, kondisi siswa korban lumpur Lapindo yang terpaksa mengungsi di sekolah lain tetap menjadi pertimbangan saat menentukan standar kelulusan minimal dalam UASBN pada Mei mendatang.

Sumber: Kompas



Selengkapnya...

Bahasa Indonesia Berpeluang Jadi Bahasa Internasional

Bahasa Indonesia berpeluang menjadi bahasa internasional, karena mudah dalam mengucapkan dan sistem kebahasaannya sederhana.

"Sehingga, orang asing lebih mudah mempelajarinya dibandingkan mereka mempelajari bahasa Cina," kata Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo di Bandar Lampung, Sabtu (7/3).

Mendiknas mengatakan hal itu saat menjadi narasumber pada sidang II Tanwir Muhammadiyah di Bandar Lampung.

Menurut dia, peluang tersebut bisa muncul karena pergeseran kekuatan kini merambat dari barat ke timur, termasuk di dalamnya Indonesia.

"Pergeseran itu mulai terlihat dengan terjadinya krisis global dan episentrumnya di Amerika. Perkembangan perekonomian Indonesia pun terus naik, bahkan dipercaya masuk G-20," katanya.

Bahkan, prediksi ekonom, 50 tahun ke depan Indonesia masuk dalam sepuluh besar kekuatan ekonomi dunia.

Terkait hal tersebut, lanjut dia, Indonesia berhasil mengembangkan bahasa persatuan yang akan mempermudah dalam berkomunikasi, dan pihak lain tidak sulit mempelajarinya.

Mengenai pertanyaan dari peserta tanwir soal mencegah budaya barat yang negatif, ia mengatakan kalau hanya dibebankan pada dunia pendidikan, akan jebol pertahanannya.

"Sebab, saat ini pusat pendidikan berada di barat. Apa pun yang ada di sana, terlihat oleh kita 'kinclong'. Karena itu, perlu proses untuk mengalihkannya ke timur," katanya.

Mendiknas menambahkan, bahasa Indonesia harus menjadi bahasa pengantar di sekolah, kecuali untuk ilmu pengetahuan dan matematika.

"Sekarang tidak ada lagi kurikulum nasional, tetapi yang ada standar isi dan kompetensi," katanya.

Artinya, menurut dia, isi adalah menjelaskan apa yang harus dilakukan, sedangkan kompetensi target apa yang harus dicapai, dan sekolah diberikan kesempatan menambah muatan lainnya, sehingga setiap ganti menteri tidak harus ganti kurikulum.

Sumber: Media Indonesia



Selengkapnya...

Jumat, 03 April 2009

Trik Jitu Lolos UN 2009

Untuk menghadapi UN banyak yang perlu kita persiapkan, selain kesiapan materi pelajaran , teknis pengisian lembar jawaban, teknis pengerjaan soal, kesiapan mental, kesiapan kesehatan dan lain-lain deh... memang ketika UN empat hari itu (untuk SMP/MTs) kita dituntut serba siap, makanya ketika hari H jangan makan sambal banyak banayak entar mencret, jangan kebut-kebutan dijalan entar kecelakaan. Jadi belajar dan diem ja di rumah dong?

Sesuai dengan kadar tingkat kesukaran materi UN dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1. Mudah 3 %
2. Sedang 5 %
3. Sukar 2 %

Sedangkan standar kelulusan yang harus dicapai minimal mendapatkan nilai " 5,50 "
Disini anda dapat menganalisis berati jika soal Mata Pelajaran Bahsa Indonesia ada 50 soal maka 3 % dari 50 adalah 15 jadi soal mudah ada 15 butir, kemudian soal sedang 5 % jadi 5 % dari 50 adalah 25 maka soal sedang ada 25, selanjutnya soal sukar hanya 2 % jadi 2 % dari lima puluh adalah 10 soal.
Trus bagainamana maksukdnya tuh....
ya anda segera ambil inisiatif untuk lulus aja, anda cari soal yang paling anda anggap mudah sejumlah 15 butir soal, untuk mendapatkan nilai 5,60 anda tinggal menambah 13 butir soal yang masuk dalam katagori sedang, jika anda merasa yakin 100% benar maka so anda LULUS UN pada materi tersebut.
Adapun bila ada sisa waktu anda tinggal mengerjakan soal-soal yang anda anggap sedang dan sulit, anda cocok-cocokin aja, kayaknya iniloh... kayaknya itu loh... begitu ja yang penting anda jangan main dadu waktu ujian....
untuk soal IPA dan MTK jumlah butir soalnya biasanya 30, 35 dan 40, anda tinggal menerapkan jurus yang tadi. Mudah-mudahan lulus
Selengkapnya...

Kamis, 02 April 2009

My Freind it Is Meryl

Here my friend in USA her name is MERYL

please visit her, so u get more good friend, but i have read her posting in the bottom blog its very funny , way i say that, coz her say a bout what most loving in this word her said the firs is god,ect.. in the las her say love her laptop. Why i post this picture, coz for me its more beautiful " Noah's Park " is some hidden messagge ? let we ask with miss Meryl, sorry for Miss Meryl.my english was bad.

Selengkapnya...

Tentang Saya

Foto saya
SDIT INSAN AMANAH Mu hadir memenuhi permintaan umat yang rindu pada pendidikan Islam di tengah-tengah kejenuhan pendidikan Nasional yang berorentasi pada kecerdasan tanpa di imbagi dengan kemampuan emosional dan akhlak yang baik. Lembaga pendidikan SDIT Insan Amanah Mu berusaha memenuhi permintaan umat tersebut dengan mengkombinasikan Kurikulum DIKNAS dan dipadukan dengan nilai-nilai keislaman yang sesuai dengan al qur’an dan as sunnah. Dengan semboyan pengabdian kepada umat dan beramal sholih maka segenap pengelola berkomitmen untuk istiqomah dijalan dakwah ini demi terciptanya generasi robbani.

PERSYARATAN DAN PEDOMAN SERTIFIKASI GURU

Prsyaratan Peserta

  1. Persyaratan Umum
    1. Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Departemen Pendidikan Nasional yaitu guru yang mengajar di sekolah umum, kecuali guru Agama. Sertifikasi guru bagi guru Agama (termasuk guru Agama yang memiliki NIP 13) dan semua guru yang mengajar di Madrasah (termasuk guru bidang studi umum yang memiliki NIP 13) diselenggarakan oleh Departemen Agama dengan kuota dan aturan penetapan peserta dari Departemen Agama. Sesuai Surat Edaran Bersama Direktur Jenderal PMPTK dan Sekretaris Jenderal Departemen Agama Nomor SJ/Dj.I/Kp.02/1569/2007, Nomor 4823/F/SE/2007 Tahun 2007.
    2. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan formal yang belum memiliki sertifikat pendidik. Pengawas satuan pendidikan yang dapat mengikuti sertifikasi guru adalah pengawas yang diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, 1 Desember 2008 (PP No 74/2008 Pasal 67).
    3. Guru bukan PNS harus memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan, sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK dari dinas pendidikan provinsi/ kabupaten/kota.
    4. Belum memasuki usia 60 tahun.
    5. Memiliki atau dalam proses pengajuan nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
  2. Persyaratan Khusus untuk Uji Kompetensi melalui Penilaian Portofolio
    1. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang memiliki izin penyelenggaraan
    2. Memiliki masa kerja sebagai guru (PNS atau bukan PNS) minimal 4 tahun pada suatu satuan pendidikan dan pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen terbit yang bersangkutan sudah menjadi guru. (Contoh perhitungan masa kerja lihat urutan prioritas penetapan peserta)
    3. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila sudah:
      1. mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
      2. mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a.
  3. Persyaratan Khusus untuk Guru yang diberi Sertifikat secara Langsung
    1. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang memiliki kualifikasi akademik magister (S-2) atau doktor (S-3) dari perguruan tinggi terakreditasi dalam bidang kependidikan atau bidang studi yang relevan dengan mata pelajaran atau rumpun mata pelajaran yang diampunya, atau guru kelas dan guru bimbingan dan konseling atau konselor, dengan golongan sekurang-kurangnya IV/b atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/b.
    2. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang memiliki golongan serendah-rendahnya IV/c atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/c

Pedoman

Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2009

Pelaksanaan Sertifikasi Guru merupakan salah satu implementasi dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Agar sertifikasi guru dapat direalisasikan dengan baik perlu pemahaman bersama antara berbagai unsur yang terlibat, baik di pusat maupun di daerah. Oleh karena itu, perlu ada koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan sertifikasi guru agar pesan Undang-Undang tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan harapan.

Salah satu bagian penting dalam sertifikasi guru adalah rekrutmen dan penetapan calon pesertanya. Untuk itu diperlukan sebuah pedoman yang dapat menjadi acuan bagi dinas pendidikan provinsi, dinas pendidikan kabupaten/kota, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), kepala sekolah, guru, guru yang diangkat dalam jabatan pengawas, dan unsur lain yang terkait dalam sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2009.

PEDOMAN SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2009

    • Buku 1 berisi Pedoman Penetapan Peserta
    • Buku 2 berisi Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru
    • Buku 3 berisi Pedoman Penyusunan Portofolio
    • Buku 4 berisi Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru untuk Guru
    • Buku 5 berisi Rambu-Rambu Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG)
    • Suplemen Buku Buku 3 2009 (Ped. PF Pengawas)berisi Pedoman Penyusunan Portofolio untuk Pengawas

Pedoman Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2009 selengkapnya dapat diunduh/download di

DAFTAR PENGUNJUNG DAN MAPPING SITUS INI

YANG LAGI BUKA

COMMENT NO PORN

MY FRIENDS BANNER





trik yuwie
vidskiblog

Awan
Blogging With Styles
PuskomSTAINMetro
BlogNya Agung (The Ordinary Agung)


Save Gaza - Palestine
www.mer-c.org
Photobucket
Photobucket

Photobucket
RaYZA Site




href="http://ekakom.blogspot.com" target="_blank">
Layanan Data



free games download,free computer games
daftar berbagai program online/internet
Kolom blog tutorial

A-GAMES  PSP
www.luminosity12.blogspot.com Ramz Blog
Photobucket

MAKE DOLAR

LINK NASRULLOH-E

LINK EXCHANGE

INTERTAIMENT

Loading...
 

Copyright © 2009 by SDIT INSAN AMANAH MU