Kamis, 05 Maret 2009

PENDIDIKAN DI JEPANG


JAKARTA (Ant/Lampost): Penduduk Jepang sudah jenuh dengan pendidikan universitas. Bahkan separo siswa sekolah menengah di Jepang diperkirakan tidak lagi menginginkan masuk universitas, kata Sosiolog Jepang Prof. Toru Kikkawa Ph.D.

"Realitas yang rumit menjadi latar belakangnya," kata profesor dari Osaka University itu bercerita tentang kondisi pendidikan di Jepang saat ini pada seminar Education in Indonesia and Japan di Jakarta, kemarin.

Jepang memiliki jumlah penduduk dengan pendidikan tinggi (universitas) terbanyak di dunia setelah Kanada, yakni mencapai 50 persen.

Jumlah universitas bahkan ada di desa-desa kecil dan sukses mengurangi perbedaan desa-kota. Jumlahnya total 754 buah, yakni 86 universitas tingkat nasional, 75 lokal umum, dan 593 universitas swasta terotentikasi.

"Sembilan tahun wajib belajar sudah dipenuhi 100 persen dari penduduk dan tiga tahun sekolah menengah atas jumlahnya mencapai 97 persen dari penduduk. Jepang merupakan contoh dari masyarakat yang paling maju pendidikannya di Asia Timur," kata dia.

Sistem sekolah 6-3-3-4 (sekolah dasar 6 tahun, sekolah menengah 6 tahun dan universitas 4 tahun), ujarnya, sudah terpelihara lebih dari 60 tahun.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Pusat Studi Jepang UI Dr. Bachtiar Alam mengatakan masyarakat Jepang sangat homogen, memiliki struktur yang sangat ketat dan kehidupan monoton.

"Banyak anak Jepang yang tidak mau lagi mengikuti model pendidikan yang kaku dimulai dari sekolah dasar-menengah-tinggi lalu bekerja di perusahaan, yang sudah jadi budaya puluhan tahun," kata Antropolog itu.

Saat ini mereka, ujarnya, banyak yang ingin lebih bisa mewarnai hidupnya dan ingin masuk LSM selepas kuliah. Atau hanya bekerja di perusahaan selama beberapa tahun, lalu beraktivitas di bidang pelayanan masyarakat.

Sementara itu Indonesia, lanjut dia, akan selalu merupakan masyarakat yang heterogen, multikultural, dan tidak equal yang tidak dimiliki oleh Jepang, demikian pula pendidikannya. n S-1

YANG LAGI BUKA

COMMENT NO PORN

MY FRIENDS BANNER





trik yuwie
vidskiblog

Awan
Blogging With Styles
PuskomSTAINMetro
BlogNya Agung (The Ordinary Agung)


Save Gaza - Palestine
www.mer-c.org
Photobucket
Photobucket

Photobucket
RaYZA Site




href="http://ekakom.blogspot.com" target="_blank">
Layanan Data



free games download,free computer games
daftar berbagai program online/internet
Kolom blog tutorial

A-GAMES  PSP
www.luminosity12.blogspot.com Ramz Blog
Photobucket

MAKE DOLAR

LINK NASRULLOH-E

LINK EXCHANGE

INTERTAIMENT

Loading...
 

Copyright © 2009 by SDIT INSAN AMANAH MU