Minggu, 29 Maret 2009

DOWNLOAD SOAL PREDIKSI UN SMA 2009

Postingan ini sengaja dibuat untuk melengkapi kebutuhan siswa-siswi SMA yang akan melaksanakan pesta Ujian Nasinal 2009, disini kami menyedikan prediksi soal UN SMA 2009 bagi yang berminat untuk mendownloadnya kami persilahkan, semuanya free kok, yang terpenting adalah bagaimana kita semua dapat menyukseskan Ujian Nasional 2009, termasuk kelulusan kalian semua, selamat berlatih, semoga sukses, dont forget download soalnya disini :

Program ILMU PENGETAHUAN ALAM
Soal Prediksi Bahasa Inggris
Soal Prediksi Bahasa Indonesia
Soal Prediksi Matematika
Soal Prediksi IPA
Soal Prediksi FISIKA

PROGRAM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Soal Prediksi Bahasa Inggris
Soal Prediksi Bahasa Indonesia
Soal Prediksi Sosiologi


Selengkapnya...

Kamis, 26 Maret 2009

Cara membuat read more di blog

Sebagai newbi di dunia blog saya pernah sempat bingung, bagaimana caranya agar tampilan blog saya lebih menarik, artikel yang saya tampilkan tidak muncul semunya, sehingga yang tampak hanya point menuju ke materi inti, sehingga halaman blog kita tidak terlalu terpenuhi dengan satu artikel yang cukup panjang, menyebabkan pengunjung blog kita menjadi bosan dan cepat-cepat lari ke blog lain yang lebih menarik, namun setelah berguru pada master saya menemukan trik untuk menyelesaikan masalah tersebut, yaitu dengan "Read More" atau baca selengkapnya,


setelah saya praktekan ternyata saya dapat menampilkan sampai 8 postingan di halaman muka blog saya tetapi tidak terlalu memakan tempat, seperti yang anda lihat di blog ini, bagi yang ingin tau caranya ikuti ja langkah yang mudah berikut ini :
Saran saya bagi anda yang masih menggunakan IE (Internet Explore)segera anda ganti dengan Mozila Firefok,



sebab pengalaman saya pribadi ketika mengganti template blog eror terus, dan banyak keluhan dari yang lain biasanya memang eror, memang untuk ngeblog sebaiknya kita gunakan Mozila Firefok, bukan promosi loh, cuman cari yang terbaik aja, bagi ada yang belum punya Mozila F klik aja disini trus instal di komputer anda, selanjutnya ikuti langkah berikut ini :

Pertama Sigin dulu di blog, anda masuk Dasbor

Klik Pengaturan trus masuk ke Format

Gulir mouse anda ke bawah, anda tulisan " template posting " di biasanya masih kosong kolomnya, copy paste aja kode berikut ini :

<span class="fullpost">


</span>

Sekrang klik simpan pengaturan. DI SAVE

Langkah selanjutnya, klik tata letak

Klik Edit HTML

Klik tulisan "Download Template lengkap" hal tersebut anda lakukan sebagai antisispasi kalau terjadi kesalahan dalam editing kita masih punya masternya.

Centang kotak kecil di pojok atas Expand Template Widget

sekarang anda carai kode ini " <p><data:post.body/></p>" " <data:post.body/> " keduanya sama aja, biar mudah mencarinya anda tekan control trus tekan huru F namun posisi layar monitor anda pada Edit HTML, diatas menu bar akan muncul kolom FIND nah anda tulis aja kode tersebut di kolomnya otomatis nanti akan menemukan sendiri.

Hapus aja kode tersebut, kemudian anda ganti dengan kode berikut ini :

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<style>.fullpost{display:inline;}</style>
<p><data:post.body/></p>
<b:else/>
<style>.fullpost{display:none;}</style>
<p><data:post.body/>
<a expr:href='data:post.url'><strong>Selengkapnya...</strong></a></p>
</b:if>

Klik Simpan template,.

Trus bagiamana cara mempostingnya? seperti biasanya anda tinggal klik posting di bagian atas ada dua kotak pilihan Edit HTML dan Tulis, pilih aja yang edit HTML nanti keluar kode berikut ini :

<span class="fullpost">


</span>

Nah postingan yang akan anda tampilkan di muka, anda tulis di atas kode :
<span class="fullpost">

Sisanya yang akan anda sembunyikan anda tulis di bawah kode tersebut, dan diatas kode :
</span>

setalah selesai coba anda lihat di blog, kalau belum berhasil coba lihat lagi biasanya ada langkah yang tertinggal, jangan pening dulu kalo blog anda acak-acakan anda dapat mengembalikannya melalui template master yang anda download tadi, cara ganti template lihat aja di postingan saya yang lain.
semoga berhasil
Selengkapnya...

Selasa, 24 Maret 2009

DAFTAR KE ZIDDU DAPAT DOLAR

Teman-teman pasti sudah kenal dengan File Hosting seperti Rapidshare ataupun megaupload. Dua File hosting tersebut adalah file hosting yang terbesar, terbaik dan paling banyak penggunannya. Tapi sayang, kedua file hosting tersebut memiliki pembatasan yang sangat terasa untuk para pengguna versi gratisannya.

Pembatasan tersebut diantaranya adalah

1. Pembatasan Size yang bisa di download dalam sekali waktu (megaupload biasanya dalam 1 hari di kasih quota, sedangkan Rapidshare, setiap sekali download harus menunggu beberapa waktu lagi, 100MB = 1 JAM).
2. TidakSupport Resume (Rapidshare)
3. Harus install toolbar zanggo yang nyata-nyata adalah spyware (megaupload), tapi hal ini bisa diakalin seperti yang saya bahas di download dari megaupload tanpa harus mendownload zanggo toolbar
4. Penghapusan file jika tidak diakses dalam waktu tertentu
5. Tidak mendukung download manager (download accelerator)
6. Dan lain-lain

Sebenarnya, pembatasan yang lain tidak begitu masalah, yang masalah adalah 3 pembatasan diatas yang sangat terasa effeknya. Tapi jangan khawatir, sekarang sudah ada ziddu. Ziddu adalah sebuah web site file sharing (file hosting) yang fungsinya sama seperti Rapidsharemegaupload. Perbedaan antara ziddu dengan kedua website tersebut lebih kepada pembatasannya saja. Karena di ziddu, semuanya adalah free account alias gratisan. Tidak ada versi anggoter berbayar di ziddu seperti di rapid ataupun mega, hal ini membuat pembatasan-pembatasan di mega dan rapid tidak diterapkan di ziddu.

Seperti tag line dari ziddu yaitu, upload, share and earn.

Upload:

Ziddu tidak membatasi Anda dalam mengupload data, Anda bebas mengupload file apa saja yang Anda kehendaki (selama file tersebut halal alias bukan bajakan, tapi kalo tidak ketawan ya tidak apa-apa, hehehe) mulai dari video, audio, document, exe, dll, rar, zip dan semua jenis file lainnya. Tidak ada larangan untuk mengupload file format apapun di ziddu.

Share

Dengan mendaftar sebagai free member (anggota gratisan) dari Ziddu, Anda diberikan keuntungan dengan adanya manajemen file yang memudahkan Anda dalam mengorganisasikan file-file yang sudah Anda upload sehingga memudahkan Anda dalam melakukan share, karena di setiap list file diinfokan link sharenya. Terlebih lagi, file yang di upload ke Ziddu tidak akan dihapus walaupun filenya tidak ada yang akses.

Earn

Dengan mendaftar sebagai free member (anggota gratisan) dari Ziddu, setiap file yang Anda upload di download oleh user, maka Anda akan mendapatkan $ 0.0001 dan setelah terkumpul $1, maka bisa Anda cairkan melalui paypal (Semacar proggram affliate / affliate program). Bukan duit yang besar, tetapi karena file yang Anda upload bertahan lama sekali (belum ada informasi file akan dihapus jika sudah tidak ada yang akses selama lebih dari waktu tertentu), maka Ziddu bisa jadi sumber pendapatan pasif anda… Anda toh tetap butuh jasa Ziddu untuk upload file, walaupun fasilitas earn ini tidak ada. Untuk menambah pendapatan, Anda bisa mengajak orang lain bergabung dengan Ziddu untuk mendapatkan $0.1 / refferal yang berhasil Anda ajak bergabung.

Mendaftar di Ziddu

Ok, setelah membaca semua hal diatas, pasti Anda sudah berminat dengan Ziddu. Jika ya, segera daftarkan diri Anda ke Ziddu. Caranya mudah,

1. klik link ini.
2. Klik Tombol Register di bagian kanan Atas.
3. Anda akan masuk ke layar pendaftaran dan harus melengkapi data-data.
4. Untuk verification code, jika Setiap Anda entry selalu diinfokan salah, coba ganti browser (pake IE saja) atau coba kosongkan cache dan cookies anda.
5. Tandai I Agree Term and Conditions
6. Setelah itu maka Anda akan menjadi member dari Ziddu dan secara otomatis dibawa ke halaman Upload.

Cara Login

1. Untuk login Anda hanya perlu masuk ke Ziddu lalu klik tombol login di bagian atas layar (sebelah tombol register).
2. Lengkapi data login Anda lalu tekan enter (atau tekan submit)

Mengupload File di Ziddu

Untuk mengupload file di Ziddu sebenarnya Anda tidak perlu login, tetapi dengan login, Anda akan memiliki banyak keuntungan seperti manajemen file dan fasilitas mendapatkan uang setiap file Anda di download. Lumayan untuk membuat uang (making money) di internet tanpa susah-susah.

Ok langsung kita bahas saja cara uploadnya:

1. Login ke Ziddu (Tidak wajib tapi disarankan)
2. Secara otomatis Anda akan di bawa (redirect) ke lokasi upload Ziddu, Jika anda tidak diredirect ke sana, maka Anda bisa masuk ke bagian Upload dengan cara menekan tombol upload yang Ada di semua halaman di Ziddu

3. Di bagian download, browse file yang ingin Anda upload. Setelah itu tekan tombol upload, maka proses Upload akan dimulai.

Cara Upload beberapa file sekaligus (Multiple files)

Jika Anda ingin mengupload beberapa file sekaligus, dilayar upload, klik multiples files upload yang ada di bawah tombol upload. Disini Anda bisa mengupload beberapa file sekaligus dengan cara yang sama seperti Anda mengupload satu file. Jumlah size yang di upload dalam sekali waktu tidak boleh diatas 200 MB.

Mendownload file yang telah di upload

Untuk mendownload file yang telah di upload Anda harus melakukan beberapa hal dibawah ini:

1. Tentukan URL Download file yang telah Anda upload, URL ini bisa ditemukan di layar yang muncul saat Anda selesai mengupload file:
Atau di bagian My Files, cari file yang Anda upload dan lalu klik kanan bagian link dari file yang Anda upload, lalu copy link tersebut (copy shortcut di IE, Copy Link location di Mozilla)
2. Buka link tersebut untuk mendownload-nya, atau jika Anda ingin men-share file Anda, copy pastekan link Anda di blog Anda, forum ataupun tempat-tempat di mana Anda ingin men-share file tersebut. Untuk mendownload, user perlu mengakses link tersebut (User tidak perlu mendaftar di Ziddu).
3. Setelah itu user akan masuk ke halaman downloadlink, atau terkadang akan masuk kehalaman di bawah ini, klik saja linknya maka Anda akan masuk ke halaman download:

4. Setelah itu Anda akan masuk ke halaman download.
5. Klik tombol download, maka Anda akan diminta memasukan verification code, untuk mencegah bot mendownload sehingga menghabiskan bandwith. Segera masukan kode tersebut, jika salah coba ganti browser Anda atau refresh cache Anda.
6. Proses download Akan dimulai (dukung Download Manager dan Resume loo)

Making money with Ziddu

Untuk mengetahui berapa pendapatan Anda di Ziddu saat ini, dan file-file apa saja yang sering didownload. Anda bisa mencek My Earning yang ada di menu utama Ziddu saat Anda sudah login.

Anda juga bisa mendapat pendapat Extra dengan cara mengundang orang lain (refferal) untuk bergabung dengan Ziddu dengan cara menginvite teman-teman Anda. Ada dua cara untuk menginvite refferal yaitu:

1. Melalui fungsi invite friend yang ada di ziddu (dengan cara menggunakan e-mail Anda untuk menginvite temat-teman Anda)
2. Dengan menggunakan banner ataupun link refferal yang Ziddu sediakan untuk Anda. Cukup letakan banner atau link refferal Anda di blog, forum atau web site lainnya, maka setiap user yang bergabung dengan Ziddu melalui link tersebut akan menjadi refferal Anda.

Sumber : johanfirdaus.zo-ka01.com
dapatkan rujukan posting ini disini
Selengkapnya...

Minggu, 22 Maret 2009

Cara Menampilkan Code HTML dalam Posting

Aku sempat pernah di bingungkan dengan kode html yang gak terbaca di posting, ribet juga ya? padahal kode tersebut sangat penting buat postingan kita, ujung-ujungnya males buat postingan yang ada kode htmlnya tapi setelah dipelajari banyak caranya, ada yang merubah kode html template ada yang mengcoverd kode tersebut, tapi saat ini saya mau coba dulu yang menggunakan convert kode, mudah-mudahan bermanfaat :

Langkah yang pertama kamu masuk dulu ke situs penyedia layanan Convert code

Kemudian copy code html yang akan anda tampilkan.

Klik "Convert Code"

Tunggu Sampai proses selesai

Kalo udah Copy ulang code tersebut, lalu masukan dalam postingan kamu % nampak deh..

coba aja

Selengkapnya...

Cara Pasang Google Translate di Blog

Apa itu google translate? Fasilitas yang dapat menterjemahkan halaman blog kita kedalam berbagai macam bahasa yang ada, sebab sangat mungkin sekali blog kita nyasar ma orang Afrika, India dan lain-lain deh. nah Google Translate lah yang menerjemahkan kedalam bahsa menurut keyakinan mereka,he... langsung ja ikuti tutorial cilik berikut :

# Masuk blog Dasbor


# Klik Tata Letak


# Klik tab Elemen Halaman/Tambah Gadget


# Klik HTML/Javascript


# Copy Kode Berikut


<script src="http://www.gmodules.com/ig/ifr?url=http://www.google.com/ig/modules/translatemypage.xml&up_source_language=en&w=160&h=60&title=&border=&output=js"></script>


Kemudian Save

Lihat blog kalo gak ada yang selip pasti muncul deh.


Selmat Mencoba

Selengkapnya...

Sabtu, 21 Maret 2009

Cara Pasang Buku Tamu di Blog

Untuk memudahkan pengunjung blog kita dalam memberikan komentar sehingga pesan-pesan klaien kita dapat tersampaikan, maka alangkah baiknya bila blog kita kita sertakan buku tamu, caranya gampang kok ikuti saja tutorial cilik berikut ini :

Kunjungi situs penyedia buku tamu ni situsnya http://www.shoutmix.com
Klik " Create your shoutbox now "

Create shoutbox

Shoutbox information

1. Shoutbox ID: Id yang akan digunakan saat kamu login
2. Choose password: Minimal 6 karakter
3. Retype password: paswordnya sama seperti yang pertama

Contact information

1. Name: isi dengan nama kamu
2. Email: isi dengan email kamu

Pastikan semua terisi dengan benar.

Contang kotak kosong ada ket.I have read and agree to the Terms of Service.

Kalo kamu berhasil maka tinggal setting buku tamu yang sesuai dengan template kamu.

Tampilannya seperti ini :

Quick Start

* Get codes
* Download messages
* Upgrade shoutbox
* Log out

General

* Shoutbox Details
* Configuration
* Delete Messages
* Website Lock
* Export Settings

Display

* Style & Colors
* Date & Time
* Labels
* Smileys
* Custom CSS

Security

* Access Control
* Ban Control
* Name Protection
* Profanity Filter
* Shoutbox Linking

Otak atik aja, terutama di display ada Style & Colors dicoba2 warnanya, langsung aja

diperview nanti tampilan bukutamu yang diwahnya otomatis berubah, dipasin aja deh..

Kalo udah pas dengan template kamu di save.

Kembali ke Quick Start

Pilih ' Get Code "

Kolo kodenya keluar dicopy

masuk ke tata letak blog kamu

Tambah gadge pilih java Skrip, sekarang tinggal di paste ja.

Simpan,simpan perubahan

Lihat blog kamu sekarang..... buku tamu dah muncul tuh.......

selamat moncoba...

Selengkapnya...

Cara Memasang Video Di Blog Anda

Bagiamana sih cara memasang video di blog kita? Pertanyaan tersebut pernah melintas di pikiran saya sebagai blogger pemula, dengan harapan video tersebut dapat mempercantik blog kita, mungkin begono maksudnya, oke gak usah lama-lama intermizunya langsung saja kita bagi yang ingin tahu caranya ikuti langkah di bawah ini :

Temen-temen harus daftar dulu di situ pen yedia video yaitu di http://www.youtube.com
Setelah temen-temen berada di situs tersebut, di layar bagian atas terdapat tulisan Sign Up trus diklik aja tulisan tersebut
Trus temen-temen isi saja data pendaftranyannya dengan benar, kalo sudah selesai klik tombol Sign UP
Kalu sudah selesai temen-temen diminta untuk veryfikasi, silahkan anda cek email yang temen-temen gunakan untuk mendaftar tadi
Jika email dari youtube.com sudah masuk, kemudian temen-temen buka lalu klik tulisan ini “ Confirm your email addres
Kalo temen-temen mengklik tulisan tadi, maka temen-temn sudah masuk dalam halaman account trus temen-temen siap siap untuk meng upload video.
Klik saja tulisan Upload Video yang ada di layar sebelah atas
Trus temen-temen mengisi forum yang yang disediakan
Langkah selanjutnya temen-temen harus mengklik tulisan Continue Uploading
Trus klik tombol Browse, trus pilih saja video kesayangan anda yang akan di masukan ke blog
Dibawah terdapat tulisan Public dan Private, kalu public maksuknya video anda dapat dilihat oleh siapa saja, tapi kalo private video anda hanya dapat dilihat oleh orang yang anda tunjuk saja.
Trus langkah berikutnya klik tombol Upload Video, biasanya kalo videonya kapsitasnya besar agak lama, tapi kalo videonya pendek prosesnya cepat.
Bila proses Upload selesai temen-temen tinggal mengkilk tulisan di bawah proses yang telah complate terdapat tulisan biru, klik aja nanti keluar kode html nya, trus di blok kodenya selanjutnya di copy aja.
Kalo mau keluar dari situs tersebut klik Log Out, tapi kalo masih mau mengUpload lagi ya lakukan seperti tadi.
Nah kode html nya kan dah di copy sekarang tinggal memasukan di blog kita, caranya tulis saja artikel yang mau di postingkan, tinggal dimana video itu mau temen-temen tampilkan, bisa diawal artikel, ditengah atau diakhir, nah html yang sudah di copy tinggal di paste aja di tengah artikel bisa, atau di atas artikel juga bisa tergantung selera temen-temen aja deh, eh iya tapi posisi postinya pada Edit html ya jangan lupa tuh.
Kalo sudah jadi nanti seperti ini
Selengkapnya...

Cara Mengganti Template Blog Anda

Mengganti template blog biasanya dilakukan oleh blogger baru, biasalah newblogger masih mencari jati dirinya di alam maya ini, melihat blog lain kok bisa cantik banget ya, kok bagus banget ya? sebab template yang diberikan blog bawaan kurang menarik, memang hal tersebut memang kita akui, lalu bagaimana caranya agar tampilan blog kita menarik pengunjung? ya ganti template aja, kita sesuaikan dengan hati dan keyakinan masing-masing saja, kalo gak jreng dengan hati nurani kita ngeblognya gak enak deh.. langkah-langkah yang harus anda lalui dalam mengganti template adalah sebagai berikut :
blog
Yang perlu anda ketahui ada dua jenis blog, blog baru dan blog klasik, kalo blog baru menggunakan kode XML dan blog klasik menggunkan HTML, biasanya blog yang sekarang semuanya menggunkan blog baru, tapi ada juga yang menggunkan blog klasik, kalo template yang kita download itu blog klasik kodenya HTML tidak bisa kita gunkan untuk blog baru jadinya nanti tidak well format, begitupun sebaliknya. itu saja sebagai lampu hijau buat anda, hee.. emang di jalan raya.


Cari dulu template yang diinginkan, klik aja di Mozila Serching " Free Template Blog "
Trus buka-buka saja biasanya di blognya Mas Isnaini atau Kang Rahman atau laen juga banyak.



Kemudian Download aja, trus di save di dekstop biar gampang nyarinya.


Setelah terdownload langsung di extrace biar membentuk jadi file.


Buka Dasbor blog kamu, klik pengaturan.


Klik Edit HTML, trus klik Dwonload Template Lengkap, sebagai master kalo2 nanti mau balik ke template sebelumnya.


Klik Menu Brower, cari file template yang di download tadi buka filenya pilih template yang XML bagi template baru, kalo yang klasik pake HTML


Trus klik Unggah, tunggu sampai keluar tampilan,biasanya ada beberapa fitur blog kita yang bakalan hilang tapi kalo postingan gak ada maslah dengan diganti template yang baru.

Keluar tampilan fitur-fitur yang bakal hilang,


Kalou setuju klik "konfirmasi simpan"


Trus klik simpan template.


Sekarang bisa diliat tampilan blognya...

Kalau belum jadi atau malah berantakan, biasanya ada langkah yang terlewatkan, anda pilih aja template seperti semuala melalui Template yang anda download tadi.

Selengkapnya...

Jumat, 20 Maret 2009

CARA MUDAH MEMBUAT E-MAIL DI YAHOO.COM

Ini postinganku mengenail email semoga bermanfaat ya, langsung saja deh gk perlu basa-basi,Up...Bagi teman-temen yang belum bisa mbuat email di yahoo,gampang caranya ikuti langkah berikut ini:

1. Masuk ke http://www.yahoo.com/ dulu.
2. Klik menu gambar amplop bertuliskan MAIL.
3. Entar keluar tampilan sigin to yahoo.
4. Klik SigUp
5. Isi semua biodata yang diminta yahoo. jangan sampai ada yang ketinggalan.
6. Paswodnya jangan di lupakan ya..
7. Kalo udah, tinggal masukan kode sesuai yang di tampilan.
8. Jangan lupa coteng tulisan "Do you agree?"
9. Klik " Create My Acount"
10. Kalo gak di terima cek lagi biodatanya,lakukan seperti yang diawal.
11. gitu ja, kalo da masuk kemudian maukeluar klik sigout dah beres deh..
12. selamat mencoba, kalo belum berhasil, coba lagi aja,,, biasanya ada kolom yang tertinggal, atau mungkin yahoo lagi iseng dengan anda he..he...

Selengkapnya...

Minggu, 08 Maret 2009

Cara Pasang Video blog

Bagiamana sih cara memasang video di blog kita? Pertanyaan tersebut pernah melintas di pikiran saya sebagai blogger pemula, dengan harapan video tersebut dapat mempercantik blog kita, mungkin begono maksudnya, oke gak usah lama-lama intermizunya langsung saja kita bagi yang ingin tahu caranya ikuti langkah di bawah ini :

1. Temen-temen harus daftar dulu di situ pen yedia video yaitu di http://www.youtube.com
2. setelah temen-temen berada di situs tersebut, di layar bagian atas terdapat tulisan Sign Up trus diklik aja tulisan tersebut
3. Trus temen-temen isi saja data pendaftranyannya dengan benar, kalo sudah selesai klik tombol Sign UP
4. Kalu sudah selesai temen-temen diminta untuk veryfikasi, silahkan anda cek email yang temen-temen gunakan untuk mendaftar tadi
5. jika email dari youtube.com sudah masuk, kemudian temen-temen buka lalu klik tulisan ini “ Confirm your email addres
6. Kalo temen-temen mengklik tulisan tadi, maka temen-temn sudah masuk dalam halaman account trus temen-temen siap siap untuk meng upload video.
7. Klik saja tulisan Upload Video yang ada di layar sebelah atas
8. Trus temen-temen mengisi forum yang yang disediakan
9. Langkah selanjutnya temen-temen harus mengklik tulisan Continue Uploading
10. Trus klik tombol Browse, trus pilih saja video kesayangan anda yang akan di masukan ke blog
11. Dibawah terdapat tulisan Public dan Private, kalu public maksuknya video anda dapat dilihat oleh siapa saja, tapi kalo private video anda hanya dapat dilihat oleh orang yang anda tunjuk saja.
12. Trus langkah berikutnya klik tombol Upload Video, biasanya kalo videonya kapsitasnya besar agak lama, tapi kalo videonya pendek prosesnya cepat.
13. bila proses Upload selesai temen-temen tinggal mengkilk tulisan di bawah proses yang telah complate terdapat tulisan biru, klik aja nanti keluar kode html nya, trus di blok kodenya selanjutnya di copy aja.
14. kalo mau keluar dari situs tersebut klik Log Out, tapi kalo masih mau mengUpload lagi ya lakukan seperti tadi.
15. Nah kode html nya kan dah di copy sekarang tinggal memasukan di blog kita, caranya tulis saja artikel yang mau di postingkan, tinggal dimana video itu mau temen-temen tampilkan, bisa diawal artikel, ditengah atau diakhir, nah html yang sudah di copy tinggal di paste aja di tengah artikel bisa, atau di atas artikel juga bisa tergantung selera temen-temen aja deh, eh iya tapi posisi postinya pada Edit html ya jangan lupa tuh.
Selengkapnya...

Kamis, 05 Maret 2009

PENDIDIKAN DI JEPANG


JAKARTA (Ant/Lampost): Penduduk Jepang sudah jenuh dengan pendidikan universitas. Bahkan separo siswa sekolah menengah di Jepang diperkirakan tidak lagi menginginkan masuk universitas, kata Sosiolog Jepang Prof. Toru Kikkawa Ph.D.

"Realitas yang rumit menjadi latar belakangnya," kata profesor dari Osaka University itu bercerita tentang kondisi pendidikan di Jepang saat ini pada seminar Education in Indonesia and Japan di Jakarta, kemarin.

Jepang memiliki jumlah penduduk dengan pendidikan tinggi (universitas) terbanyak di dunia setelah Kanada, yakni mencapai 50 persen.

Jumlah universitas bahkan ada di desa-desa kecil dan sukses mengurangi perbedaan desa-kota. Jumlahnya total 754 buah, yakni 86 universitas tingkat nasional, 75 lokal umum, dan 593 universitas swasta terotentikasi.

"Sembilan tahun wajib belajar sudah dipenuhi 100 persen dari penduduk dan tiga tahun sekolah menengah atas jumlahnya mencapai 97 persen dari penduduk. Jepang merupakan contoh dari masyarakat yang paling maju pendidikannya di Asia Timur," kata dia.

Sistem sekolah 6-3-3-4 (sekolah dasar 6 tahun, sekolah menengah 6 tahun dan universitas 4 tahun), ujarnya, sudah terpelihara lebih dari 60 tahun.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Pusat Studi Jepang UI Dr. Bachtiar Alam mengatakan masyarakat Jepang sangat homogen, memiliki struktur yang sangat ketat dan kehidupan monoton.

"Banyak anak Jepang yang tidak mau lagi mengikuti model pendidikan yang kaku dimulai dari sekolah dasar-menengah-tinggi lalu bekerja di perusahaan, yang sudah jadi budaya puluhan tahun," kata Antropolog itu.

Saat ini mereka, ujarnya, banyak yang ingin lebih bisa mewarnai hidupnya dan ingin masuk LSM selepas kuliah. Atau hanya bekerja di perusahaan selama beberapa tahun, lalu beraktivitas di bidang pelayanan masyarakat.

Sementara itu Indonesia, lanjut dia, akan selalu merupakan masyarakat yang heterogen, multikultural, dan tidak equal yang tidak dimiliki oleh Jepang, demikian pula pendidikannya. n S-1
Selengkapnya...

Minat ke Sekolah Agama Meningkat


BANDAR LAMPUNG (Lampost): Kesadaran masyarakat menanamkan nilai moral dan keagamaan dengan menyekolahkan putra-putrinya di sekolah keagamaan semakin tinggi.

Menteri Agama Maftuh Basuni menyatakan hal itu di sela-sela dialog dengan pegawai Kanwil Depag Provinsi Lampung, di aula Kantor Wilayah Departemen Agama, Rabu (4-3) malam.

Bukti tingginya minat orang tua menyekolahkan putra-putrinya di sekolah keagamaan bisa dilihat di berbagai daerah, dengan makin diminatinya sekolah keagamaan. "Bahkan, belakangan banyak sekolah Islam terpadu bermunculan, yang memadukan kurikulum keagamaan dengan kurikulum Depdiknas," kata Maftuh Basuni.

Saat ini, Menag menegaskan sekolah keagamaan sudah sejajar dengan sekolah umum. Di berbagai daerah, banyak orang tua yang tidak salat menyekolahkan anaknya di sekolah keagamaan agar mereka menjadi anak yang saleh.

Itu artinya sekolah keagamaan makin diminati. "Banyak lulusan sekolah keagamaan yang mendapatkan beasiswa ke luar negeri dan menjadi ahli di bidang masing-masing," kata Maftuh.

Mengenai penghapusan buta aksara Alquran dan latin, Maftuh Basuni mengatakan mengefektifkan pembelajaran pendidikan pada masing-masing level. Anak muslim sedini mungkin dikenalkan pada Alquran dan anak juga dikenalkan pada huruf latin sehingga mereka gemar membaca.

Dia mengatakan setiap anak harus diberikan pemahaman dan pendidikan sesuai dengan agama masing-masing. Hal itu untuk menanamkan saling tenggang rasa dan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan di antara anak bangsa.

"Untuk memberantas buta huruf Alquran, bagi anak yang beragama muslim harus belajar juz amma dan bisa membaca huruf arab. Demikian juga bagi anak-anak yang beragama nonmuslim, mereka belajar sesuai dengan agama yang dianutnya," kata Maftuh.

Maftuh mengatakan dengan memahami ajaran agama yang dianut masing-masing anak, mereka diharapkan tidak saling mengganggu satu sama lain. Bahkan terjalin hubungan dan rasa toleransi atau tenggang rasa yang tinggi sebagai sesama anak bangsa. Sehingga bisa tercipta persatuan dan kesatuan yang sesungguhnya.

Bertalian dengan penyelenggaraan ibadah haji, Menag mengatakan setiap tahun pihaknya selalu mengadakan pembenahan pelayanan ibadah haji. Namun, tahun ini belum ada penambahan kuota bagi calon jemaah haji di Indonesia.

"Dengan jumlah penduduk muslim kurang dari 200 juta orang, kita sudah mencapat kuota 207 ribu orang, itu sudah sangat bagus," kata dia. Padahal, dengan asumsi setiap seribu orang mendapat satu jemaah atau sepermil, kuota untuk Indonesia sudah lebih dari cukup.

Terkait rencana Lampung yang akan membangun embarkasi haji, Maftuh Basuni mengatakan hal tersebut tergantung pada kesiapan masing-masing daerah untuk menyiapkan infrastruktur yang diperlukan. "Untuk menyiapkan semua itu bukan hanya tanggung jawab Depag dan Kanwil Depag, melainkan menyangkut instansi lain," kata dia.

Menag mengatakan salah satunya panjang landasan pacu yang harus dimiliki minimal 3.000 meter, juga terkait pengurusan surat-surat imigrasi dan sebagainya. n UNI/S-1


Selengkapnya...

Rabu, 04 Maret 2009

Hakikat Pendidikan


Apa sih hakikat pendidikan? Apakah tujuan yang hendak dicapai oleh institusi pendidikan?

Agak miris lihat kondisi saat ini. Institusi pendidikan tidak ubahnya seperi pencetak mesin ijazah. Agar laku, sebagian memberikan iming-iming : lulus cepat, status disetarakan, dapat ijazah, absen longgar, dsb. Apa yang bisa diharapkan dari pendidikan kering idealisme seperti itu. Ki hajar dewantoro mungkin bakal menangis lihat kondisi pendidikan saat ini. Bukan lagi bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa (seperti yang masih tertulis di UUD 43, bah!), tapi lebih mirip mesin usang yang mengeluarkan produk yang sulit diandalkan kualitasnya.

Pendidikan lebih diarahkan pada menyiapkan tenaga kerja "buruh" saat ini. Bukan lagi pemikir-pemikir handal yang siap menganalisa kondisi. Karena pola pikir "buruh" lah, segala macam hapalan dijejalkan kepada anak murid. Dan semuanya hanya demi satu kata : IJAZAH! ya, ijazah, ijazah, ijazah yang diperlukan untuk mencari pekerjaan. Sangat minim idealisme untuk mengubah kondisi bangsa yang morat-marit ini, sangat minim untuk mengajarkan filosofi kehidupan, dan sangat minim pula dalam mengajarkan moral.

Apa sebaiknya hakikat pendidikan? saya setuju dengan kata mencerdaskan kehidupan bangsa. Tapi, ini masih harus diterjemahkan lagi dalam tataran strategis/taktis. kata mencerdsakan kehidupan bangsa mempunyai 3 komponen arti yang sangat penting : (1) cerdas (2) hidup (3) bangsa.

(1) tentang cerdas
Cerdas itu berarti memiliki ilmu yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan real. Cerdas bukan berarti hapal seluruh mata pelajaran, tapi kemudian terbengong-bengong saat harus menciptakan solusi bagi kehidupan nyata. Cerdas bermakna kreatif dan inovatif. Cerdas berarti siap mengaplikasikan ilmunya.

(2) tentang hidup
Hidup itu adalah rahmat yang diberikan oleh Allah sekaligus ujian dari-Nya. Hidup itu memiliki filosofi untuk menghargai kehidupan dan melakukan hal-hal yang terbaik untuk kehidupan itu sendiri. Hidup itu berarti merenungi bahwa suatu hari kita akan mati, dan segala amalan kita akan dipertanggungjawabkan kepada-Nya. Patut dijadikan catatan, bahwa jasad yang hidup belum tentu memiliki ruh yang hidup. Bisa jadi, seseorang masih hidup tapi nurani kehidupannya sudah mati saat dengan snatainya dia menganiaya orang lain, melakukan tindak korupsi, bahkan saat dia membuang sampah sembarangan. Filosofi hidup ini sangat sarat akan makna individualisme yang artinya mengangkat kehidupan seseorang, memanusiakan seorang manusia, memberikannya makanan kehidupan berupa semangat, nilai moral dan tujuan hidup.

(3) tentang bangsa
Manusia selain sesosok individu, dia juga adalah makhluk sosial. Dia adalah komponen penting dari suatu organisme masyarakat. Sosok individu yang agung, tapi tidak mau menyumbangkan apa-apa apa-apa bagi masyarakatnya, bukanlah yang diajarkan agama maupun pendidikan. Setiap individu punya kewajiban untuk menyebarkan pengetahuannya kepada masyarakat, berusaha meningkatkan derajat kemuliaan masyarakat sekitarnya, dan juga berperan aktif dalam dinamika masyarakat. Siapakah masyarakat yang dimaksud disini? Saya setuju bahwa masyarakat yang dimaksud adalah identitas bangsa yang menjadi ciri suatu masyarakat. Era globalisasi memang mengaburkan nilai-nilai kebangsaan, karena segala sesuatunya terasa dekat. Saat terjadi perang Irak misalnya, seakan-akan kita bisa melihat Irak di dalam rumah. Tapi masalahnya, apakah kita mampu berperan aktif secara nyata untuk Irak (selain dengan doa ataupun aksi)? Peran aktif kita dituntut untuk masyarakat sekitar...dan siapakah masyarakat sekitar? tidak lain adalah individu sebangsa.

inilah sekelumit tulisan yang saya jadikan pokok pemikiran buat apa itu hakikat pendidikan sebenarnya.

Selengkapnya...

Guru, elemen yang terlupakan


Pendidikan Indonesia selalu gembar-gembor tentang kurikulum baru...yang katanya lebih oke lah, lebih tepat sasaran, lebih kebarat-baratan...atau apapun. Yang jelas, menteri pendidikan berusaha eksis dengan mengujicobakan formula pendidikan baru dengan mengubah kurikulum.

Di balik perubahan kurikulum yang terus-menerus, yang kadang kita gak ngeh apa maksudnya, ada elemen yang benar-benar terlupakan...Yaitu guru! Ya, guru di Indonesia hanya 60% yang layak mengajar...sisanya, masih perlu pembenahan. Kenapa hal itu terjadi? Tak lain tak bukan karena kurang pelatihan skill, kurangnya pembinaan terhadap kurikulum baru, dan kurangnya gaji. Masih banyak guru honorer yang kembang kempis ngurusin asap dapur rumahnya agar terus menyala.

Guru, digugu dan ditiru....Masihkah? atau hanya slogan klise yang sudah kuno. Murid saja sedikit yang menghargai gurunya...sedemikian juga pemerintah. banyak yang memandang rendah terhadap guru, sehingga orang pun tidak termotivasi menjadi guru. Padahal, tanpa sosok Oemar Bakri ini, tak bakal ada yang namanya Habibi.
posted by Pendidikan Indonesia at 2:57 PM 15 comments

Thursday, August 25, 2005
Gelar....Mabuknya Pendidikan
Sekali lagi, Indonesia dihadapkan pada kasus yang mencoreng nama pendidikan. Kasus jual beli gelar yang dipraktekkan oleh IMGI. Cara memperoleh gelar ini sangatlah mudah, Anda tinggal menyetor 10-25 juta, dan Anda dapat gelar yang Anda inginkan..Tinggal pilih...apakah S1, S2, atau S3....benar-benar edan! Sebagian orang mabuk kepayang akan nilai gelar yang memabukkan. Dan tidak tanggung-tanggung yang pernah membeli gelar dari IMGI ini...sekitar 5000 orang.

Ini adalah protet buram masyarakat Indonesia yang memuja gelar melampaui batas. Dengan titel, seakan-akan masa depan lebih mudah. Padahal, nasib ditentukan oleh kerja keras...dan sebagian masyarakat Indonesia mencari jalan pintas. Tak heran, jika kasus wakil rakyat yang melakukan jual beli gelar agar kelihatan mentereng menyeruak di mana-mana. Dan dengan kepala kosong, mereka mencoba mengkonsepsikan pemerintahan Indonesia. Apa yang terjadi? Undang-undang sekedar lobi-lobi politik dimana semuanya UUD (ujung-ujungnya duit).

Tidakkah kita semua miris lihat kenyataan ini? Lalu apa gunanya gelar kalau ternyata dia hanya kedok belaka?

Selengkapnya...

Tentang Saya

Foto saya
SDIT INSAN AMANAH Mu hadir memenuhi permintaan umat yang rindu pada pendidikan Islam di tengah-tengah kejenuhan pendidikan Nasional yang berorentasi pada kecerdasan tanpa di imbagi dengan kemampuan emosional dan akhlak yang baik. Lembaga pendidikan SDIT Insan Amanah Mu berusaha memenuhi permintaan umat tersebut dengan mengkombinasikan Kurikulum DIKNAS dan dipadukan dengan nilai-nilai keislaman yang sesuai dengan al qur’an dan as sunnah. Dengan semboyan pengabdian kepada umat dan beramal sholih maka segenap pengelola berkomitmen untuk istiqomah dijalan dakwah ini demi terciptanya generasi robbani.

PERSYARATAN DAN PEDOMAN SERTIFIKASI GURU

Prsyaratan Peserta

  1. Persyaratan Umum
    1. Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Departemen Pendidikan Nasional yaitu guru yang mengajar di sekolah umum, kecuali guru Agama. Sertifikasi guru bagi guru Agama (termasuk guru Agama yang memiliki NIP 13) dan semua guru yang mengajar di Madrasah (termasuk guru bidang studi umum yang memiliki NIP 13) diselenggarakan oleh Departemen Agama dengan kuota dan aturan penetapan peserta dari Departemen Agama. Sesuai Surat Edaran Bersama Direktur Jenderal PMPTK dan Sekretaris Jenderal Departemen Agama Nomor SJ/Dj.I/Kp.02/1569/2007, Nomor 4823/F/SE/2007 Tahun 2007.
    2. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan formal yang belum memiliki sertifikat pendidik. Pengawas satuan pendidikan yang dapat mengikuti sertifikasi guru adalah pengawas yang diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, 1 Desember 2008 (PP No 74/2008 Pasal 67).
    3. Guru bukan PNS harus memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan, sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK dari dinas pendidikan provinsi/ kabupaten/kota.
    4. Belum memasuki usia 60 tahun.
    5. Memiliki atau dalam proses pengajuan nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
  2. Persyaratan Khusus untuk Uji Kompetensi melalui Penilaian Portofolio
    1. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang memiliki izin penyelenggaraan
    2. Memiliki masa kerja sebagai guru (PNS atau bukan PNS) minimal 4 tahun pada suatu satuan pendidikan dan pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen terbit yang bersangkutan sudah menjadi guru. (Contoh perhitungan masa kerja lihat urutan prioritas penetapan peserta)
    3. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila sudah:
      1. mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
      2. mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a.
  3. Persyaratan Khusus untuk Guru yang diberi Sertifikat secara Langsung
    1. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang memiliki kualifikasi akademik magister (S-2) atau doktor (S-3) dari perguruan tinggi terakreditasi dalam bidang kependidikan atau bidang studi yang relevan dengan mata pelajaran atau rumpun mata pelajaran yang diampunya, atau guru kelas dan guru bimbingan dan konseling atau konselor, dengan golongan sekurang-kurangnya IV/b atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/b.
    2. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang memiliki golongan serendah-rendahnya IV/c atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/c

Pedoman

Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2009

Pelaksanaan Sertifikasi Guru merupakan salah satu implementasi dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Agar sertifikasi guru dapat direalisasikan dengan baik perlu pemahaman bersama antara berbagai unsur yang terlibat, baik di pusat maupun di daerah. Oleh karena itu, perlu ada koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan sertifikasi guru agar pesan Undang-Undang tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan harapan.

Salah satu bagian penting dalam sertifikasi guru adalah rekrutmen dan penetapan calon pesertanya. Untuk itu diperlukan sebuah pedoman yang dapat menjadi acuan bagi dinas pendidikan provinsi, dinas pendidikan kabupaten/kota, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), kepala sekolah, guru, guru yang diangkat dalam jabatan pengawas, dan unsur lain yang terkait dalam sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2009.

PEDOMAN SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2009

    • Buku 1 berisi Pedoman Penetapan Peserta
    • Buku 2 berisi Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru
    • Buku 3 berisi Pedoman Penyusunan Portofolio
    • Buku 4 berisi Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru untuk Guru
    • Buku 5 berisi Rambu-Rambu Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG)
    • Suplemen Buku Buku 3 2009 (Ped. PF Pengawas)berisi Pedoman Penyusunan Portofolio untuk Pengawas

Pedoman Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2009 selengkapnya dapat diunduh/download di

DAFTAR PENGUNJUNG DAN MAPPING SITUS INI

YANG LAGI BUKA

COMMENT NO PORN

MY FRIENDS BANNER





trik yuwie
vidskiblog

Awan
Blogging With Styles
PuskomSTAINMetro
BlogNya Agung (The Ordinary Agung)


Save Gaza - Palestine
www.mer-c.org
Photobucket
Photobucket

Photobucket
RaYZA Site




href="http://ekakom.blogspot.com" target="_blank">
Layanan Data



free games download,free computer games
daftar berbagai program online/internet
Kolom blog tutorial

A-GAMES  PSP
www.luminosity12.blogspot.com Ramz Blog
Photobucket

MAKE DOLAR

LINK NASRULLOH-E

LINK EXCHANGE

INTERTAIMENT

Loading...
 

Copyright © 2009 by SDIT INSAN AMANAH MU